Jumat, 15 Januari 2010

Yamaha Byson Layak ditunggu

Motor-Modif - Ini adalah salah satu sepedamotor yang paling dinanti oleh bikers tanah air di tahun ini. Bisa jadi MotMod Mania salah satunya.

yamaha bysonDengan desain kekar, bongsor yang mengacu pada motor Eropa membuatnya indah dipandang. Di negeri asalnya, India produk ini menjadi andalan Yamaha.

Bagaimana dengan di Indonesia ?

Bila diperhatikan di sejumlah forum ataupun milis memang marak spyshot sepedamotor berkapasitas 153 cc ini membuat rasa penasaran dan mungkin, ada aksi menahan diri untuk membeli motor baru.

Hanya saja, hingga di penghujung tahun ini malah tidak jelas kapan keberadaannya secara resmi. Malah yang keluar duluan adalah pembaruan dari Jupiter Z.

Bila dicermati ada perubahan yang dilakukan oleh pihak PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) terhadap calon jagoannya ini. Diantaranya adalah penambahan kick starter.

Rupanya pelajaran dari pabrikan lain yaitu Suzuki Thunder 125 dipergunakan sebaik-baiknya.Meski sekilas tampak aneh bentuk kick starter ini adalah solusi praktis ketika aki lagi ngadat.

Yang menjadi pertanyaan di benak konsumen adalah berapa harga yang dibanderol pada sepedamotor ini ?

Ditilik kapasitas memang mendekati Yamaha V-Ixion yang merajai kelas sport di tanah air.Tapi seperti yang disebutkan dalam artikel sebelumnya, teknologi Byson cenderung konservatif.

Nah..teknologi pada umumnya berbanding lurus dengan harga. Bila V-Ixion dibanderol 20,5 juta (OTR Jakarta) maka besar kemungkinan Byson diset di bawah itu.

Ada kemungkinan pula untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau bagi bikers Indonesia sejumlah fitur bawaan direduksi. Sebut saja speedometer tidak lagi mengandalkan digital melainkan diganti dengan sistem analog.

Yamaha adalah satu-satunya ATPM yang tidak menjual produk dengan panel speedometer digital.

"Ini untuk menekan harga jual sehingga lebih terjangkau" komentar seorang petinggi Yamaha yang ditemui di Cempaka Putih, Jakarta beberapa waktu silam.

Kemudian bila di negeri asalnya kedua bannya sudah tubeless juga ban belakang berdimensi 140/60-17 dengan ban radial maka untuk menekan harga maka dipasang ban yang umum di pasaran Indonesia.

Yang pasti lampu yang tidak berbentuk bulat lagi sebagaimana pakem FZ series di Eropa sempat menjadi incaran pengguna V-Ixion toh ada pula di generasi V-Ixion yang teranyar dengan sederet minor change.

Tak perlu bingung memilihnya. Ini lebih mirip membeli Yamaha Vega dengan Jupiter. Kapasitas boleh sama,akan tetapi fitur berbeda. Silahkan dipilih sesuai kocek dan selera.

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Urban Designs